Silabus
Sekolah
: SMP NEGERI ...................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran :Bahasa Inggris
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan
terdekat
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get
things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal,
memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
|
Contoh:
A :
Good morning
How are you ?
B :
Fine Thanks.
Nice to meet you
A : Hello,
I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to meet you
A : Don’t do
that
B : No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
|
· Tanya jawab yang terkait dengan materi
· Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan
sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
· Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan,
perkenalan, memberi perintah atau melarang.
· Menjawab / merespon pertanyaan.
|
Merespon ungkapan ungkapan
Sapaan orang yang sudah
/ belum dikenal
Perkenalan diri sendiri / orang lain
Perintah / larangan
|
·Tes lisan
·Tes tertulis
·Unjuk kerja
|
· Merespon
ungkapan lisan
·Pilihan
Ganda
·Responding
|
Listen to the expressions and give your
response.
·
A: Good morning.
B: .......................
Listen to the expressions and choose the
best option.
·
“Hi, I’m Yeny,...
....to meet you
a.
Nice
b.
meet
c.
fine
d.
Thanks
·
Give it to me.
|
2x40 menit
|
· Script
· Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
|
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal
(bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk
beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
|
Contoh :
A : Where’s the
book?
B : It’s there.
A :
Thank you.
B : You’re
welcome.
A : I’m sorry.
B : it,s okay.
A : Please..!
B : All right
thanks.
|
1. Mendengarkan dan merespon introduction
tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf,
kesantunan.
2. memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam
mendengarkan topik materi
3. mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan
terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
4. mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
5. menjawab/merespon pertanyaan
berdasarkan materi yang diperdengarkan
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
Meminta dan memberi informasi
Ungkapan terima kasih
Permintaan maaf
Kesantunan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Merespon
pertanyaan / ungkapan lisan
Melengkapi
|
Listen to the questions / expression and give your
answer / response.
A: How many persons are in
the conversation?
B: ............
A: thank you so
much.
B: ............
Listen to the questions / expressions and complete the
sentences.
A:could you
open the door
for me?
B: .........
A: Sorry I’m
Late.
B: .........
|
2x40 menit
|
Buku guru
Script percakapan tulis
Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film
|
Standar
Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami
makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Merespon makna tindak tutur yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Keep closed !
·
Things to buy
-
Sugar
-
Flour
-
Meat
-
Butter
·
Congratulations !
·
Well done !
·
Announcement !
“ School will close tomorow since it’s the WAISAK day.”
|
Tanya jawab yang terkait dengan materi
Membahas kosakata & tata bahasa: verb
phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang
Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan
materi
Menjawab/merespon pertanyaan tentang
struktur percakapan
|
merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek
berupa:
Instruksi
Daftar
benda / barang
(Shoping
list )
Ucapan selamat
Pengumuman
|
·Tes
lisan
·Unjuk
kerja
·Tes
tertulis
|
Pertanyaan
Respon
tindakan
Benar-salah
|
·
A:What does the
writer want to
buy?
B: ...............
·
Stand up!
·
Raise your hand!
Listen to the statement and decide if the
statement is True (T) or False (F)
·
I need to get a pack
of sugar.
......
(T / F)
|
2x40 menit
|
·
Script percakapan
·
Gambar benda-benda
kebutuh-an sehari-hari
·
Bahan rekaman (kaset,
CD,VCD,dll)
|
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Congratulations !
·
Well done !
·
Announce ment !
“ School will close tomorow since it’s the WAISAK day
|
Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam
ungkapan-ungkapan fungsional pendek
berupa instruksi, shopping list,
greeting card, announcement.
Memperhatikan
kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat
dalam ungkapan-ungkapan fungsional
pendek lisan berupa instruksi, shopping
list, greeting card, announcement
Mendengarkan teks-teks lisan
fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait
Mengidentifikasi makna gagasan
teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi
Menjawab pertanyaan-pertanyaan
tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek
lisan yang disampaikan
|
Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan
fungsional pendek berupa:
Instruksi
Shopping list
Greeting card
- Announcement
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Game
Melengkapi
T/F
Pilihan ganda
Menjodoh
Respon tindakan
|
Listen and answer the questions orally!
Listen and mention as many shopping list items as you
can remember
Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d
Match the statements in list A and B
Listen the instruction and do it!
|
2x40 menit
|
Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks
Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan
nyata
Rekaman kaset, CD, DVD, film
|
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan
terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang
menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan
memerintah atau melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How Are you?
B : Fine thanks.
A : Hi, I’m Rani
B : Hello, I’m Nina.
A : Go away !
B : Okay.
A : Don’t be Noisy
B : I won’t.
|
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon
sapaan.
Membahas kosakata dan struktur percakapan
sesuai materi.
Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan
sesuai materi dalam situasi nyata.
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
Menyapa yang belum/sudah dikenal
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
Memerintah/melarang
|
· Tes lisan
·unjuk kerja
|
pertanyaan
Performance
|
·
Answer the questions
orally!
·
Perform the dialogue
in front of the class!
|
2x40 menit
|
·
Script percakapan
·
Buku teks yang relevan
·
Alat peraga
|
3.2 Melakukan
interaksi
dengan
lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan
mengungkapkan kesantunan
|
Contoh :
A. Where is it ?
B. It’s here.
A. Thanks a lot.
B. You’ re
Welcome.
A. I’ m sorry.
B. It’s Okay.
A. Please,
come in.
B.Thank you.
|
1. Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul
dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan
3. Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik
materi yang disampaikan
4. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan
teman
5. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan
variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas
|
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :
·
Meminta dan memberi informasi
·
Mengucapkan terima kasih
·
Meminta maaf
2. Mengungkapkan kesantunan
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Tanya jawab
Bermain peran
|
Ask and answer questions to your friends based on the
situation given or picture
Perform a role play with your friend about asking and
giving information
|
4x40 menit
|
Script percakapan
Buku teks berisi percakapan
Alat peraga
|
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Teks Fungsional :
·
Intruction
·
Shopping list
·
Greetings
·
Announcement
|
1.Tanya jawab yang berkaitan dengan
materi
2.Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai
materi
3.Membahas kosakata dan struktur
percakapan
4.Latihan memberi perintah, mengucapkan
selamat, mengumumkan dengan singkat
Menggunakan
ungkapan percakapan dalam situasi nyata
|
1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
singkat
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Membahasakan gambar
Performance
|
·
Write an instruction
based on the picture shown!
·
Announce an
information about the ceremony!
|
2x40 menit
|
Buku teks yang relevan
Alat peraga
Rekaman kaset, CD,VCD,film
Rekaman percakapan otentik
|
4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1. Teks fungsional berbentuk :
·
instruction
·
shopping list
·
greetings
·
announcement
|
1. Mendengarkan dan memberi respon introduction tentang makna gagasan
teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
2. Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa:
noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam
teks fungsional pendek.
3. Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek
4.
Menggunakan
teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
5. Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
6. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara
lisan
|
1. Memberi insruksi secara lisan.
2. Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
3. Memberi ucapan selamat
4. Mengumumkan sesuatu
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
a. Give
instruction to your friend based on the picture.
b. Mention
the things that you find in your bedroom
c. Congratulate
your friend on his / her success in doing something
d. Tell
your friend about the coming school holiday
|
2x40 menit
|
Script of short functional text
Buku
teks
Rekaman kaset, CD,VCD, DVD, Fm
Alat peraga
|
Standar
Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan
intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Pronunciation kata
dan Intonation:
frasa,
kalimat yang
telah
dipelajari
|
1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan
membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan model membaca nyaring
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan
benar
|
Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan
baik dan benar
Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi
yang benar
Membaca nyaring dengan baik dan benar.
|
Tes unjuk kerja
Observasi
|
Uji petik
membaca nyaring
Lembar observasi
|
Read the sentences aloud!
Read the all the sentences
loudly and carefully.
|
2x40 menit
|
Buku teks
teks
otentik
|
5.2
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
|
·
Teks fungsional pendek berbentuk:
Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman
|
Tanya jawab yang terkait dengan materi
Menirukan membaca nyaring
Mengidentifikasi informasi yang terdapat
dalam bacaan
Membahas kosakata struktur kalimat,
struktur bacaan
|
1.Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman
2.Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks yang dibaca
|
Unjuk kerja
Tes
tulis
|
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat/frase
Menjawab pertanyaan
|
- Read the announcement loudly
and
communicatively!
- Complete the noun phrases stated in the sentences
below!
- Answer the questions based on the text!
|
|
- Buku teks
- Sumber bacaan lain yang relevan
|
Standar Kompetensi : 6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1
Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek berbentuk:
Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman
Kalimat sederhana terkait materi dan jenis
teks.
|
1.Membahas
ciri-ciri jenis teks fungsional
pendek
2.Membuat
frasa, kalimat sesuai materi
3.Membuat teks fungsional pendek
|
1.Melengkapi
teks fungsional pendek
2.Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat
yang padu
3.Menulis teks fungsional pendek
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Menyusun kalimat
Esai
|
Complete the
blank spaces of the following text!
Arrange the
jumbled sentences in a good order
- Make a greeting card (choose the topic you prefer:
Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)
|
4x40 menit
|
-Buku teks
- Alat
peraga
-
Lingkung-an sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan
|
6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek tentang :
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- pengumuman
·
Langkah retorika teks fungsional pendek
|
1. Mendengarkan dan merespon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional
pendek
2. Menyusun kata dalam bentuk frasa benda
3. Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu
4. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan dengan
bantuan guru
5. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara
mandiri
6. melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar.
7. Menulis teks fungsional pendek.
|
1. Membuat teks fungsional pendek
2. Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks
fungsional pendek
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Esai
Project
Uraian
|
Complete the blank
spaces of the short text.
Write down an nnouncement based on the given
situation
Go to public places and find at least 10
written short texts
Make a list of
things you find in the following places :
1. bedroom
2. bathroom
3. kitchen
|
4x40 menit
|
Buku teks
Alat peraga
Pengumuman,instruksi, daftar barang,kartu
ucapan otentik
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru
Mata Pelajaran,
NIP/NRK NIP/NRK
0 komentar:
Posting Komentar