Home » » contoh Silabus bahasa Inggris SMP

contoh Silabus bahasa Inggris SMP

Written By Sabar darono on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 20.30


Silabus

Sekolah                     : SMP NEGERI ...................................
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran           :Bahasa Inggris
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
                                       memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
                                       terdekat


Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok







·   Tanya jawab yang terkait dengan materi
·   Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·   Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·   Menjawab / merespon pertanyaan.




Merespon ungkapan ungkapan

Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal



Perkenalan diri sendiri / orang lain


Perintah / larangan


·Tes lisan



·Tes tertulis







·Unjuk kerja






· Merespon ungkapan lisan

·Pilihan Ganda






·Responding


Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.




2x40 menit
·   Script
·   Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)



1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.



1.  Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.
2.  memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
3.  mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
4.  mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
 5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

Merespon ungkapan-ungkapan :
Meminta dan memberi informasi

Ungkapan terima kasih


Permintaan maaf


Kesantunan









 Tes lisan








 Tes tulis













Merespon pertanyaan / ungkapan lisan





Melengkapi













Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are in
      the conversation?
 B: ............
 A: thank you so much.
 B: ............

Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
  A:could you open the door
     for me?
 B: .........

 A: Sorry I’m Late.
 B: .........





 2x40 menit


Buku guru

Script percakapan tulis

Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film




Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
                                       Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat






Contoh:
·   Keep closed !

·   Things to buy
-   Sugar
-   Flour
-   Meat
-   Butter

·   Congratulations !
·   Well done !

·   Announcement !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”




Tanya jawab yang terkait dengan materi
Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang
Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi
Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan






merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
  
Instruksi
Daftar  benda / barang
(Shoping list )
Ucapan selamat
Pengumuman

·Tes lisan



·Unjuk kerja



·Tes tertulis






Pertanyaan



Respon
  tindakan


Benar-salah

·   A:What does the writer want to
       buy?
   B: ...............

·   Stand up!
·   Raise your hand!


Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F)
·   I need to get a pack of sugar.
...... (T / F)






 2x40 menit
·   Script percakapan

·   Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari

·   Bahan rekaman (kaset, CD,VCD,dll)



2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:
·   Congratulations !
·   Well done !

·   Announce ment !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day



Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.

Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement

Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 

Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan

Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:

Instruksi
Shopping list
Greeting card
       -  Announcement
Tes lisan













Tes tulis       









Unjuk kerja


  
Daftar pertanyaan



Game








Melengkapi

T/F

Pilihan ganda

Menjodoh
kan

 Respon tindakan


Listen and answer the questions orally!



Listen and mention as many shopping list items as you can remember






Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d

Match the statements in list A and B

Listen the instruction and do it!


2x40 menit
 Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks

Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata

Rekaman kaset, CD, DVD, film



Standar Kompetensi : 3. Berbicara
                                        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
                                        lingkungan terdekat


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:
A :   Good morning
        How Are you?
B :   Fine thanks.


A :   Hi, I’m Rani
B :   Hello, I’m Nina.

A :   Go away !
B :   Okay.
A :   Don’t be Noisy
B :   I won’t.

Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
Menyapa yang belum/sudah dikenal
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
Memerintah/melarang


· Tes lisan






·unjuk kerja





pertanyaan






Performance




·   Answer the questions orally!






·   Perform the dialogue in  front of the class!





2x40 menit
·   Script percakapan

·   Buku teks yang relevan


·   Alat peraga






3.2  Melakukan interaksi
           dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan


Contoh :
A.     Where is it ?
B.     It’s here.

A.     Thanks a lot.
B.     You’ re
        Welcome.

A.     I’ m sorry.
B.     It’s Okay.

A. Please,
       come in.
B.Thank you.


1.    Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
2.    Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan
3.    Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan
4.    Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman
5.    Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas























1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :

·   Meminta dan memberi informasi

·   Mengucapkan terima kasih


·   Meminta maaf


2. Mengungkapkan kesantunan






 Tes lisan     












Unjuk kerja





Tanya jawab











Bermain peran



Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture










Perform a role play with your friend about asking and giving information


 4x40 menit

 Script percakapan

Buku teks berisi percakapan

 Alat peraga





Standar Kompetensi : 4. Berbicara
                                       Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator  
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Teks Fungsional :
·         Intruction
·         Shopping list
·         Greetings
·         Announcement


1.Tanya jawab yang berkaitan dengan
    materi
2.Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai
   materi
3.Membahas kosakata dan struktur
   percakapan
4.Latihan memberi perintah, mengucapkan
selamat, mengumumkan dengan singkat
Menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi nyata

1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
   singkat


Tes lisan



Unjuk kerja




Membahasakan gambar

Performance






·   Write an instruction based on the picture shown!


·   Announce an information about the ceremony!






2x40 menit











Buku teks yang relevan

Alat peraga

Rekaman kaset, CD,VCD,film

Rekaman percakapan otentik

4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

1. Teks fungsional berbentuk :
·         instruction
·         shopping list
·         greetings
·         announcement


1.     Mendengarkan dan memberi respon  introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
2.     Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek.
3.     Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek
4.     Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
5.     Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
6.     Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan





















 
1.     Memberi insruksi secara lisan.
2.     Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
3.     Memberi ucapan selamat
4.     Mengumumkan sesuatu








Tes lisan

Unjuk kerja
a.     Give instruction to your friend based on the picture.
b.     Mention the things that you find in your bedroom
c.     Congratulate your friend on his / her success in doing something
d.     Tell your friend about the coming school holiday


 2x40 menit

 Script of short functional text

Buku teks

Rekaman kaset, CD,VCD, DVD, Fm

Alat peraga

       

Standar Kompetensi : 5. Membaca
                                              Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator  
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
 5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


 Pronunciation kata
dan Intonation:
    frasa,
    kalimat yang
   telah dipelajari

1.     Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2.     Mendengarkan model membaca nyaring
3.     Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4.     Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar
Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
Membaca nyaring dengan baik dan benar.











Tes unjuk kerja


 Observasi  
Uji petik membaca nyaring

 Lembar observasi
Read the sentences aloud!



Read the all the sentences loudly and carefully.
 2x40 menit

 Buku teks

 teks 
 otentik




5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


·     Teks fungsional pendek berbentuk:

Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman



Tanya jawab yang terkait dengan materi
Menirukan membaca nyaring
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan




1.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca


Unjuk kerja


Tes  tulis






Pilihan ganda

Melengkapi kalimat/frase

Menjawab pertanyaan



- Read the announcement loudly
 and communicatively!


- Complete the noun phrases stated in the sentences below!

- Answer the questions based on the text!


- Buku teks

- Sumber bacaan lain yang relevan







Standar Kompetensi : 6.Menulis
                                      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Teks fungsional pendek berbentuk:
Instruksi
Daftar barang
Kartu ucapan
Pengumuman
Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.
1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional
   pendek

2.Membuat frasa, kalimat sesuai materi

3.Membuat teks fungsional pendek



1.Melengkapi teks fungsional pendek

2.Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu

3.Menulis teks fungsional pendek


Tes tulis
Melengkapi


 Menyusun kalimat


Esai
 Complete the blank spaces of the following text!

 Arrange the jumbled sentences in a good order


- Make a greeting card (choose the topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)
4x40 menit
-Buku teks

- Alat peraga

- Lingkung-an sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan
  6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Teks fungsional pendek tentang :
-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   pengumuman

·         Langkah retorika teks fungsional pendek

1.     Mendengarkan dan merespon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional pendek

2.     Menyusun kata dalam bentuk frasa benda

3.     Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu

4.     Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan dengan bantuan guru

5.     Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri

6.     melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar.

7.     Menulis teks fungsional pendek.
1.     Membuat teks fungsional pendek

2.     Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek










 Tes tulis

Melengkapi


 Esai



 Project



Uraian
Complete the blank spaces of the short text.

 Write down an nnouncement based on the given situation


 Go to public places and find at least 10 written short texts

Make a list of things you find in the following places :
1. bedroom
2. bathroom
3. kitchen
4x40 menit

 Buku teks

 Alat peraga

 Pengumuman,instruksi, daftar barang,kartu ucapan otentik

 



Mengetahui:
Kepala Sekolah                                                                                                                                 
                                                                                                         Guru Mata Pelajaran,






NIP/NRK                                                                                       NIP/NRK


 

0 komentar:

Posting Komentar

Download Soal CPNS Gratis